Hati-hati ya... Modusnya Ngaku Karyawan Telkomsel, Ternyata Penipu!

Hati-hati ya...
Tadi sore di telpon sama someone. Sebelum dianya nelpon, saya dikirimin pop-up macam gambar berikut, yang katanya dapat penambahan domestik Rp 1.000.000 dan 150Gb. 

Saya yang cukup sensitif dengan typo, dan ketika melihat pop-up ini, saya sudah menduga pasti penipuan. Lah kok perusahan besar nggak ngerti Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Benar saja, ini penipuan.

Saat telepon berlangsung, dianya dengan gagah mengaku sebagai karyawan resmi Telkomsel. Lalu memberitahu, apakah dapat pemberitahuan melalui pop-up dilayar? Ya, saya jawab begitu.

Diseberang sana, saya menebak dia pasti mengatur nafas. Berusaha memilih kosa kata yang baik ala-ala karyawan di perusahaan resmi.

"Pak, coba cek apakah ada SMS?" Katanya lagi. Ya, saya menimpali. Terus dianya minta dibacakan code verifikasi yang ada di SMS tersebut. 

Code verifikasi? Tentu saja saya nggak ngasih. Lah itu code akses untuk masuk ke myTelkomsel saya. Kalau saya kasih, dianya bebas pakai nomor saya untuk kebutuhan komersil. Macam beli pulsa, paket data, inilah, itulah. Karena kartu halo bayarnya belakangan. Kebayangkan, kalau saya kasih? Tekor bandar.

Karena kebetulan saya lelah, dengan aktifitas harian, saya ladenin aja sampai puas. Ketika dia minta dibacakan, itu code saya jawab sembarangan. Terus dia ada ngirim lagi code baru, saya karang lagi. Begitu seterusnya sampai dia bosan dan menghentikan percakapan. Dia kesal, saya senang. Hehe...

***

Dulu modusnya nggak sekreatif ini. Si penipu biasanya hanya mengirim code verifikasi, lalu menelpon dan meminta itu code. Sekarang lebih canggih. Pakai pop-up, sehingga nyaris sama dengan operator resmi.

Nah, jika menemukan kejadian seperti ini, maka hati-hati ya. Sudah tentu itu penipuan. Jangan pernah ngasih code verifikasi kesiapapun. Karena jelas-jelas, SMS dari MyTelkomsel tersebut berbunyi:
Password ini RAHASIA utk aplikasi MyTelkomsel. Jangan berikan kpd siapapun. Telkomsel tdk pernah meminta password ini. Waspada penipuan! Password: ****
Nah supaya mengantisipasi agar yang lain nggak tertipu, kalian bisa share tulisan ini. 

Thank you...

* Ebid Salam