10 Tempat Wisata Kuliner di Samarinda

Mengunjungi kota Samarinda yang dibelah oleh sungai terbesar di Kaltim, Mahakam, pastinya akan rugi jika tidak mampir ke tempat wisata kuliner dan mencicipi khas makanan setempat. Sebagai kota yang multipot, terdiri dari beragam suku, membuat kuliner khas Samarinda menjadi beragam.

Suku dominan yang mendiami Samarinda adalah suku Banjar, Kutai, Bugis, Jawa dan Madura. Berpadunya keragaman suku ini juga mendorong modifikasi cita rasa makanan, misalnya nasi kuning dengan cita rasa Madura yang kuat pada ladanya. Makanan khas ini umumnya tersedia sepanjang hari, kecuali nasi kuning dan lontong yang menjadi makanan khas di pagi hari.

Berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner yang direkomendasikan untuk Anda coba.

1.    Nasi Kuning 
Nasi kuning hampir dapat ditemui di setiap ruas jalan di Kota Samarinda. Lalu apa yang akan ada dibenak kita bila mendengar tenatang nasi kuning pertama kalinya, tentunya dalam benak akn terbayang nasi yang dibuat dari beras dan dimasak mengunakan santan lalu diberi pewarna kuning yang terbuat dari kunyit. Dan tentunya tidak lupa diberi lauk pauk berupa racikan telur dan suwiran ayam goreng, rasannya yang begitu enak dan berasa gurih ketika dimakan membikin kita ngiler bisa membayangkannya. Itulah nasi kuning, makanan ini begitu populer ada di seluruh Indonesia dan tentunya juga da didaerah Samarinda Kaltim.

Di kota Samarinda, Nasi Kuning hampir selalu dapat ditemui dimana sja setiap waktu juga tempat. Kalau nasi kuning di kota lain mungkin hanya bisa di temukan pada waktu pagi hari tetapi tidak di kota Samarinda. Nasi kuning di kota ini bisa kita cari setiap waktu dari pagi hingga esok hari. Dan tidak heran walau malam hari selalu saja ada yang berkeliling menjual nasi kuning ini dan inilah yang menjadi keunikan kuliner di kota Samarinda.

Pemerintah kota yang menyadari potensi wisata kulinernya, dengan jeli mereka membuat kelompok penjual nasi kuning dengan nama kampung nasi kuning yang dapat kita temui sepanjang jalan Lambung Mangkurat. Harapan yang ada tempat itu akan menjadi tujuan wisata bagai orang yang berkunjung ke kota Samarinda untuk mencari wisata kuliner dan tidak terkecuali bagi warga kota Samarinda sendiri.

Di kota Samarinda ada yang unik dari penyajian lauknya, di kota lain lauk yang digunakan umumnya mengunakan daging ayam dan telur. Tetapi tidak dengan kota Samarinda, lauk yang digunakan mengunaka lauk ikan gabus atau ikan haruan menurut bahasa penduduk disitu. Ikan yang dimasak biasanya berwarna merah karena bumbu dari pemasakannya. Pengunjung kota Samarinda yang mencari wisata kuliner tidak bisa dikatakan memakan nasi kuning bila tidak disertai dengan lauk ikan gabus. Untuk yang makan nasi kuning dan tidak bisa memakai lauk ikan haruan masih ada varian ikan yang lain seperti ayam goreng, telur dan jeroan ayam.

Dan pada umumnya nasi kuning selalu disertai dengan penambahan sambal goreng tempe dan suun, untuk harganya jangan kuatir mahal. Pada dasarnya harganya sekitar 6000 sampai dengan 17.000 tergantung lauk yang kita pilih. Setiap saat setiap waktu jangan kuatir tidak bsai mendapatkan penjual, kita bisa datang ke jalan Lambung Mangkurat karena disana buka setiap waktu.
 
2.    Soto Banjar
Soto Banjar tidak memakai santan dalam kuahnya. Dilengkapi dengan ayam suwir, perkedel kentang, suun rebus, irisan telur rebus, dan irisan daun seledri. Biasanya soto ini dimakan dengan ketupat. Soto Banjar terkenal terdapat di RM Syari,Jl. Sudirman, dekat Bank Syariah Mandiri Pasar Pagi. Selain itu juga di RM Amado Jl HIdayatullah.

3.    Ayam Banjar
Merupakan ayam goreng kering dengan rasa yang khas. Sambel dengan potongan jeruk dan sambel goreng ati menjadi pelengkap makanan ini. Juga dimakan dengan ditemani sayur bening atau sayur santan labu kuning. Ayam Banjar yang direkomendasikan terdapat di RM Makan Banjar Jl. Khabul Hasan di depan kuburan muslimin.

 4.    Sate Banjar
Sate ini bebas lemak dan kulit. Bumbu kacangnya bercita rasa manis. Sate banjar bisa dimakan dengan ketupat atau nasi dilengkapi potongan timun sebagai lalap. Sate Banjar terkenal terdapat di RM Syari.

5.    Bubur Ayam Banten
Bubur ayam ini khas karena menggunakan kuah. Buburnya sendiri sudah gurih, dilengkapi dengan ayam suwir, irisan telur rebus, potongan tomat, irisan daun bawang dan seledri, dan emping goreng. Dapat dijumpai di Komp Prefab, Jl Harmonika, di depan Kantor Bapedalda.

6.    Ikan Bakar dan sup ikan Akmal
Sambal khas rumah makan ini, menjadikan semua makanan yang disajikan terasa lezat.Ikan yang tersedia adalah patin, bandeng, ikan bawal, ikan nila dan lain-lain. Juga tersedia udang dalam ukuran sedang. RM Akmal terdapat di Jl Awang Long, di depan Telkom. Di restoran ini mempunyai andalan berupa sup ikan patin atau palimara menurut bahasa orang Samarinda. Ikan patin merupakan ikan terkenal yang berasal dari Samarinda dan ini banyak terbukti dari banyaknya makanan yang dibuat dari ikan ini dan yang terkenal adalah pembuatan amplang dan ikan patin sebagai bahan dasarnya.

Kembali pada sup ikan restoran Akmal, direstoran ini disajikan dalam keadaan panas dan mempunyai rasa asam yang segar. Rasa asam yang disertai rasa pedas sangat memukau dilidah, dijamian pasti nambah saking enaknya. Sup ini merupakan perpaduan antara masakan daerah sulawesi dan Samarinda. Untuk harganya sesuai dengan rasa yang didapat sekitar 45.000 ribu, itu semua sudah termasuk nasi putih dan segelas es teh manis.

7.    Seafood 
Terdapat seafood berbagai jenis yang diolah dengan berbagai cara. Salah satu rumah makan yang seafood yang ramai dikunjungi adalah RM Pondok Borneo yang terdapat di Jl Khabul Hasan.Selain itu juga Pondok Harry Crab ang berlokasi di Komp Prefab, dipinggir Jl Pahlawan.

8.    Gado-Gado Kemuning
Hanya dijual di pagi hari. Biasanya di atas jam 10 pagi, gado-gado ini sudah habis.Disiram dengan kuah kacang dan dilengkapi dengan potongan tahu, krupuk dan sayuran rebus kangkung dan taoge. Terdapat di Jl Kemuning, di belakang Mal Mesra Indah.

9.    Bakso Awang Long
Pada awalnya bakso ini dijual di Jl Awang Long. Setelah terbakar, kemudian pindah di daerah Air Hitam, dekat turunan Jl Pembangunan. Terdapat bakso urat dan bakso daging. Dimakan dengan menggunakan mie kuning basah. Bakso ini bercitarasa Jawa, walau berasa jawa tetapi untuk harganya tidak terasa jawa. Dijawa dengan uang 5000 ribu kita bisa dapat seporsi tetapi untuk bakso Awang Long ini kita harus merogoh kocek 20.000 ribu. Walau mahal untuk ukuran orang jawa tetapi jangan tanya rasanya “juara banget” kata salah satu presenter kuliner disalah satu stasiun televisi. Jadi bagi yang berkunjung ke kota Samarinda dan kepingin bakso dengan rasa juara datang aja kesini.

10.    Masakan Khas Kutai 
Rumah makan yang terkenal menyediakan masakan khas Kutai  adalah Pondok Selera, Jl Kadri Oening. Berbagai macam masakah khas seperti rojak singkil, puyu bakar, terong bakar, gangan asam dan banyak lagi.

Nah, selamat memilih tempat wisata kuliner di Kota Samarinda!